9 September 2014

Klasifikasi Sapi

Sapi atau dalam bahasa latin yaitu Bos Taurus adalah suatu hewan yang sangat berguna bagi manusia,yang paling utama dari sapi yaitu pemanfaatan daging dan susunya.Hasil lainnya dari sapi semisal kulit,tanduk,jeroan ,dan kotorannya juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia,Dalam sakal persen sapi menghasilkan 50% kebutuhan daging didunia,95% kebutuhan susu dan 85% kebutuhan kulit.



Di lain tempat diberbagai belahan dunia menggunakan sapi sebagai alat penggerak alat transportasi,pengolahan lahan tanam atau bajak dan juga alat industri lain yang menggunakan kekuatan sapi,misal peremas tebu.

Domestikasi sapi mulai dilakukan sekitar 400 tahun SM. Sapi diperkirakan berasal dari Asia Tengah, kemudian menyebar ke Eropa, Afrika dan seluruh wilayah Asia.

Bos indicus atau Sapi Zebu sampai sekarang mengalami perkembangan di India. Jenis sapi yang terkenal di Indonesia adalah sapi Brahman dan sapi Ongole. Bos indicus merupakan sapi berpunuk, sapi-sapi dari Bos indicus menurunkan bangsa-bangsa sapi di daerah tropis. Bos taurus atau sapi Eropa sampai sekarang mengalami perkembangan di Eropa. Bos taurus merupakan bangsa sapi yang menjadi nenek moyang dari sapi potong maupun sapi perah.

Kerajaan               :Animalia(Hewan)
Filum                    :Chordata(Bertulang Belakang)
Kelas                    :Mammalia(Memiliki Kalenjar Susu)
Ordo                     :Artiodactyla
Famili                   :Bovidae
Upafamili             :Bovinae
Genus                   :Bos

Spesies                 :B. Taurus