29 November 2014

Klasifikasi Kerbau

Kerbau adalah bianatang bertulang belakang lainnya yang merupakan hewan memamah biak atau mamalia,hewan ini adalah suatu hewan ternak yang banyak dijumpai disekitar kawasan asia.kerbau menjadi hewan ternak didasari dari hewan kerbau liar yang diambil lalu diternakkan.

Kerbau dewasa dapat memiliki berat dari 300 sampai 600 kg sedangkan pada kerbau liar sendiri yang betinanya bisa mencapai 800 gram dan yang kerbau liar jantannya bisa mencapai 1200 kg sehingga rata-rata kerbau liar memiliki berat 900 kg dan memiliki tinggi rata-rata sampai bagian pundak mencapai 1,7 meter.

Salah satu ciri yang membedakan kerbau liar dari kerbau peliharaan adalah bahwa kerbau peliharaan memiliki perut yang bulat sedangkan kerbau liar tidak. Dengan adanya percampuran keturunan antara kerbau-kerbau antara populasi yang berbeda, berat badan kerbau dapat bervariasi.

Ada pun jenis-jenis kerbau yang baru diketahui sampai saat ini yaitu ada 3 :
  • Kerbau liar (B. bubalis arnee), moyang bagi kerbau sungai
  • Kerbau sungai (B. bubalis bubalis) yang berasal dari Asia Selatan.
  • Kerbau rawa (B. bubalis carabauesis) yang berasal dari Asia Tenggara.

Kerbau  memiliki kegunaan yang sangat banyak bagi manusia merupakan pekerja yang sangat tangguh,memiliki pekerjaan menjadi pegangkat barang,penarik pedati dan juga sebagai alat bajak sawah yang masih banyak dipergunakan diwilayah asia.Daging dan susu nya dikomsumsi bagi sebagian besar manusia,tanduknya dijadikan hiasan rumah bagi berbagai adat yang ada di indonesia maupun negara-negara lain, serta kotorannya yang dapat dikeringkan dan dijadikan pupuk bagi tanaman.


Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Chordata(Memiliki penyokong tubuh dalam)
Kelas                    :Mammalia(Memiliki kalenjar susu)
Ordo                     :Artiodactyla
Famili                  :Bovidae
Upafamili             :Bovinae
Genus                   :Bubalus
Spesies                 :B. Bubalis