2 September 2012

Reproduksi Bakteri



Reproduksi secara aseksual ini meliputi:
a.      Pembelahan
bakteri berkembang biak secara amitosis yaitu dengan membelah menjadi 2 bagian (binary fission).waktu antara 2 pembelahan di sebut generation time dan ini berbeda untuk tiap jenis bakteri karena bervariasi antara 20 menit sampai 15 jam.Mycobacterium tuberculosis tumbuhnya lambat karena generation timenya 15 jam


b.      Pembentukan tunas/cabang
reproduksi dengan pembentukan cabang diawali dengan pembentukan tunas yang tumbuh menjadi cabang diawali dengan pembentukan tunas yang tumbuh menjadi cabang dan akhirnya melepaskan diri/membetuk bakteri baru.famili streptomycetaceae adalah golongan bakteri yang mengadakan reproduksi dengan cara ini.
c.       Pembentukan filament
serabut panjang(filament) yang dikeluarkan oleh bakteri dari bahan kromosom,yang berupa filament terputus-putus menjadi beberapa bagian dimana tiap bagian menjadi sel bakteri.
hal ini dijumpai terutama dalam keadaan abnormal,misalanya haemophilus influenza yang dibiakkan dalam pembenihan yang basah.
  •  Reproduksi secara seksual 
didahului dengan peleburan kromosom antara 2 bakteri menjadi satu selanjutnya membelah sehingga timbul sel-sel bakteri dengan sifat-sifat yang berasal dari kedua sel induknya