4 Mei 2013

Transport Gas Pernapasan



Ventilasi,Difusi,Perfusi danTransport 

  •  Ventilasi

Ventilasi = proses dimana udara respirasi masuk sampai ke alveoli.Bronchi yang membentuk Jalur udara masuk konduktif yang digambarkan satu tabung yang dinamakan ruang rugi anatomis (anatomic dead space).

tabung ini masuk kedalam daerah pertukaran gas pada paru-paru (alveoli) yang dibatasi oleh barrier gas daerah (blood gas barrier) dan daerah kapiler.setiap inspirasi 500 ml udara memasuki paru-paru(tidal volume)

  • Difusi

Kecepatan perpindahan suatu gas dari alveoli ke dalam darah tergantung kepada perbedaan tekanan parsial gas tersebut antara alveoli dan darah,dengan masuknya gas ke dalam darah maka tekanan parsial dalam darah akan mengikat.
O2 berdifusi melalui barrier gas dengan darah yaitu dari dinding alveoli ke kapiler,kemudian akan mengadakan kombinasi dengan Hb dengan cepat dan akan sempurna dalam 0,2 detik.

  • Perfusi

Sirkulasi paru-paru dimulai pada arteri pulmonalis yang menerima darah vena yang dipompakan oleh ventrikel kanan.arteri pulmonalis kemudian akan bercabang –cabang seperti yang terjadi pada jalan udara masuk dan akan mengikuti bronchi sampai ke bronchioli terminalis.
sesudah itu akan pecah menjadi jaringan kapiler terbentang pada dinding alveoli untuk pertukaran gas .darah yang telah dioksigenasi pada kapiler akan dikumupulkan oleh vena pulmonalis kecil yang berjalan diantara lobulus dan akhirnya bersatu dalam vena pulmonalis yang kemudian masuk kedalam atrium kiri

  • Transport O2 da CO2

Setelah O2 masuk dari alveoli ke dalam darah paru-paru maka ia akan diangkut dalam ikatan dengan Hb ke kapiler jaringan dimana ia akan dilepas untuk digunakan oleh sel-sel.
CO2 yang terbentuk pada jaringan akan memasuki kapiler jaringan dan diangkut oleh darah kembali ke paru-paru.
Ketidakseimbangan antara ventilasi dan perfusi akan menyebabkan gangguan pertukaran Gas yaitu mengurangi pengambilan O2 dan pengeluaran CO2 oleh paru-paru.ketidakseimbangan tersebut akan menyebabkan :
1.       PO2 arteri menurun (hipoksemia)
2.       PCO2 arteri meningkat (hiperkapnia =retensi CO2 )
O2 diangkut dalam darah dalam 2 bentuk yaitu O2 yang terlarut (dissolved) dan kombinasi dengan Hb(HbO2)