10 April 2014

Organisme kecil yang terdapat pada manusia

Organisme kecil atau biasa disebut dengan mikroorganisme,memiliki jumlah yang sangat banyak pada tubuh manusia.mikroorganisme ini tidak dapat dikatakanm secara pasti atau tegas bahwa mikroorganisme dalam tubuh ini menyebabkan penyakit atau biasa disebut dengan pathogen atau juga tidak menyebabkan penyakit.
sumber gbr :blog.ub.ac.id



Mikroba atau mikroorganisme di dalam tubuh tidak selamanya menetap disuatu tempat,mikroba tersebut biasanya berpindah-pindah dan oleh karena ini lah biasanya mikroba dapat mnenyebabkan penyakit karena tidak berada ditempat yang semestinya,mikroba biasanya sangat menguntungkan bila posisi nya sesuai dengan tempat yang semestinya mikroba ini tempati.

Ada beberapa contoh bakteri yang jika di tempat semestnya akan sangat menguntungkan. Contoh flora normal yang berada disaluran pencernaan dapat mensistesis vitamin K  dan membantu dalam proses absorbsi atau proses penyerapan makanan pada zat makanan tertentu.

Ada juga bakteri misalnya streptococcus viridians yang merupakan bakteri yang biasa ditemukan di saluran pernapasan atas yang bilsa masuk ke aliran darah melalui ekstraksi gigi dapat menyebabkan  katup jantung yang abnormal dan mengakibatkan penyakt endocarditis atau infeksi saluran endokard jantung.