16 September 2014

Klasifikasi Kambing

Kambing merupakan binatang chordata atau binatang memiliki penyokong tubuh yang merupakan hewan yang memiliki kalenjar susu dan daun telinga.Kambing memiliki tanduk 2  dan 2 pasang kaki serta memiliki ekor yang pendek.


Tanduk pada kambing jantan lebih besar dibanding pada betina. Umumnya, kambing mempunyai jenggot, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berambut lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing , tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter - 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter - 15 sentimeter. Bobot yang betina 50 kilogram - 55 kilogram, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kilogram.
Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Kambing bisa melahirkan dua hingga tiga ekor anak, setelah bunting selama 150 hingga 154 hari. Dalam setahun, kambing dapat beranak sampai dua kali.
Kerajaan              :Animalia(hewan)
Filum                   :Chordata(memiliki penyokong tubuh)
Kelas                    :Mammalia(memiliki kalenjar susu)
Ordo                    :Artiodactyla
Famili                  :Bovidae
Upafamili            :Caprinae
Genus                  :Capra
Spesies                 :C. aegagrus
Upaspesies         :C. a. Hircus