28 September 2014

Klasifikasi Semut

Semut adalah salah satu hewan yang merupakan kelas serangga ,memiliki lebih dari 12.000 jenis spesies,merupakan suatu super organisme karena sangat baik dalam bersosial dan membentuk kesatuan yang solid.Satu koloni beranggotakan ribuan ribuan semut yang terdiri dari semut pekerja,semut pejantan dan ratu semut.



Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri.

Semut adalah serangga sosial yang hidupnya dalam sarang yang lebih kurang bersifat permanen. Hidupnya dengan membentuk koloni. Ukuran koloni sangat bervariasi dan kebanyakan lokasinya di dalam tanah, kayu, dan diantara batu-batuan.


Suatu semut mengalami metamorfosis sempurna dalam perkembangannya,dimulai dari telur yang berwarna sangat putih seperti halnya susu,terus menetas dan menjadi larva dan memiliki bentuk dengan kepala menyempit dibagian depan selanjutnya akan menjadi Pupa.Pupa ini berbentuk seperti halnya semut dewasa tetapi lebih lunak, berwarna krem  dan tidak aktif seperti halnya semut lain yang telah dewasa. Yang terakhir menjadi semut dewasa dengan menebalnya kulit dan warna pupa itu sendiri berubah menjadi agak gelap.

Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Artropoda
Kelas                   :Insekta(serangga)
Ordo                    :Hymenoptera
Upaordo              :Apokrita
Superfamil          :Vespoidea
Famili                 :Formicidae