1 Oktober 2014

Klasifikasi Penguin

Penguin adalah hewan yang memiliki penyokong tubuh dalam dan masuk kedalam jajaran kelas burung atau biasa disebut Aves, hewan akuatik jenis burung ini tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan.



Untuk membedakan jenis kelamin penguin sangat sulit, karena penguin tidak memiliki kelamin eksternal. Akibatnya untuk membedakan jenis kelamin penguin, manusia harus memakai teknik pemeriksaan kromosom/DNA.

Pada dasarnya penguin memakan Krill atau sejenis udang,ikan,cumi-cumi,dan hewan lainnya yang tertangkap oleh paruhnya.penguin memiliki kelebihan unik dibanding dengan mahluk hidup lainnya yaitu penguin dapat meminum air laut yang sangat asin.Penyebab dari penguin dapat meminum air asin karena di dalam tubuhnya ada kalenjar yang menyaring kelebihan garam dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui saluran pernapasan.

Penguin memiliki warna tubuh itu hitam putih,warna ini diciptakan sang maha kuasa bukan tidak memiliki maksud tetapi untuk membantu penguin berkamuflase agar terhindar dari serangan pemangsa,warna hitamnya berada dibelakang tubuhnya atau dipunggungnya warna hitam ini untuk menghindari pemangsa dari luar air dan warna putihnya berada di depan badannya atau diperutnya warna putihini untuk menghindari pemangsa dari dalam air.

Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 27km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit.

Ada satu keunikan dari seekor penguin yaitu penguin betina yang kehilangan anaknya karena dimangsa oleh predator atau hal lainnya akan berusaha untuk mencuri anak penguin dari penguin betina lainnya.Hal ini dapat membuat pertengkaran besar dari kalangan penguin betina dan anehnya penguin betina lainnya akan menolong penguin yang dicuri anaknya ini


Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Chordata(Memiliki Penyokong tubuh dalam )
Kelas                    :Aves(Burung)
Infrakela              :Neognathae
Ordo                    :Sphenisciformes
Famili                  :Spheniscidae