28 November 2014

Klasifikasi Cicak

Cecak atau biasa dibilang orang yaitu cicak adalah hewan melata yang kadang dapat ditemukan di dinding rumah atau pun juga di batang- batang pohon memiliki warna abu-abu dan ada juga yang berwarna coklat dan coklat kehitaman,berukuran 10 sampai 12 cm serta memiliki kemiripan dengan hewan lain yang bernama tokek dan masih tergolong dalam suku yang sama,kemiripannya dapat terlihat,salah satunya yaitu bentuk fesesnya yang sama dimana warna atasnya berwarna putih dan warna bawahnya berwarna hitam.



Sama dengan binatang lainnya cicak juga memiliki beberapa jenis yang dapat kita bedakan berdasarkan bentuk dan tempat yang ditempati binatang ini.
  • Cicak tembok (Cosymbotus platyurus) ,cicak ini biasa kita lihat di tembok-tembok atau dinding rumah serta di atap rumah. Cicak ini bertubuh pipih lebar dan berekor lebar
  • Cicak kayu (Hemidactylus frenatus), yang bertubuh lebih kurus dan Ekornya bulat,tinggal di pohon-pohon di halaman rumah, atau di bagian rumah yang berkayu seperti di atap.
  • Cicak gula (Gehyra mutilata), bertubuh lebih kecil, dengan kepala membulat dan warna kulit transparan serupa daging. Cecak ini kerap ditemui di sekitar dapur, kamar mandi dan lemari makan, mencari butir-butir nasi atau gula yang menjadi kesukaannya.
  • Cicak batu (Cyrtodactylus marmoratus).
  • Terakhir yaitu cicak terbang,sebenarnya ini bukan cicak dan tidak termasuk dalam suku gekkonidae,cicak ini justru termasuk dalam keluarga kadal

Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Chordata(Memiliki penyokong tubuh dalam)
Kelas                    :Reptilia(Hewan melata)
Ordo                    :Squamata
Upaordo              :Lacertilia
Infraordo             :Gekkota
Famili                  :Gekkonidae