29 November 2014

Klasifikasi Flamingo

Flamingo merupakan spesies burung yang memiliki kaki yang panjang atau jenjang dan hidup berkelompok,burung ini terdapat di belahan bumi barat dan belahan bumi timur,tetapi burung ini lebih banyak terdapat di belahan bumi timur dibanding bumi barat.

Ukuran tubuh Flamingo kira-kira 100 cm, tipe paruh berbentuk melengkung, paruhnya berwarna merah muda dan ujungnya hitam, kaki jenjangatau panjang , berbentuk selaput dan berwarna merah muda, sedangkan bulu ekor berwarna merah muda dengan bentuk seperti jarum mengerucut atau mengecil kebelakang

Flamingo seringkali berdiri dengan satu kaki., flamingo menggunakan kaki berjaring mereka yang juga digunakan untuk mengaduk lumpur demi mencari makanan.

Flamingo yang masih bayi keluar dari telur dengan warna abu-abu, namun flamingo dewasa memiliki warna bervariasi dari merah muda hingga merah cerah karena bakteri akuatik dan beta karoten yang terkandung dalam makanan mereka. Flamingo yang makan cukup memiliki warna yang lebih cerah dan menarik sehingga mudah dalam menarik pasangannya. Sedangkan flamingo pucat atau putih umumnya tidak sehat dan malnutrisi.


Flamingo memiliki paruh yang sangat membantu dalam proses mencari makanannya,bentuknya sangat sesuai untuk menyaring air dan lumpur,ada berbagai makanan yang dimakan oleh flaminggo yang memiliki beta caroten yang tinggi contoh udang dan alga biru dan hijau  

Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Chordata(Memiliki penyokong tubuh dalam)
Kelas                   :Aves(Burung)
Infrakelas            :Neognathae
Ordo                    :Phoenicopteriformes
Famili                  :Phoenicopteridae
Genus                  :Phoenicopterus