26 November 2014

Klasifikasi Landak

Landak merupakan hewan yang pada umumnya memiliki kesamaan dengan hewan lainnya yaitu memilki tulang belakang dan merupakan hewan yang menyusui,hewan pengerat ini memiliki bulu yang bisa menajam dan membentuk sebuah duri untuk melindungi dirinya dari pemangsa.



Daerah yang menjadi tempat penyebaran hewan ini merupakan daerah yang memiliki unsur tropika misalnya daerah asia, afrika dan amerika.hewan ini merupakan hewan pengerat terbesar ketiga setelah kapibara dan berang-berang.

Landak berukuran seperti kebanyakan hewan lainnya tetapi tidak selincah hewan pengerat hewan lainnya contohnya seperti tikus, banyak hewan lain yang memiliki duri ditubuhnya dianggap juga sebagai landak padahal mereka bukan landak sama sekali.


Landak merupakan hewan herbivora karena hanya memakan tumbuhan seperti daun batang kayu serta kulit kayu tersebut itulah banyak yang menganngap bahwa landak adalah hewan yang merusak pertanian atau hama pertanian.Selain landak yang dianggap hama pertanian landak juga dijadikan sebagai santapan pangan di daerah – daerah tertentu.

Kingdom              : Animalia(Hewan)
Filum                   : Chordata(hewan yang memiliki penyokong tubuh dalam)
Subfilum              : Vertebrata(memiliki tulang belakang)
Superkelas           : Tetrapoda
Kelas                   : Mammalia(hewan yang menyusui)
Subkelas              : Theria
Infrakelas            : Placentalia
Ordo                    : Rodentia (Pengerat)
Subordo               : Hystricomorpha
Infraordo             : Phiomorpha
Familia                : Hystricidae
Genus                  : Hystrix
Spesies                :Hystrix brachyura