10 Juni 2015

Klasifikasi Kelapa

Kelapa adalah sejenis tumbuhan yang hidupnya didaerah tropis,merupakan tumbuhan yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia,buah yang dihsailkannya pun disebut kelapa.tumbuhan ini awalnya berasal dari samudra hindia di sisi asia tapi sekarang tumbuhan ini hampir tumbuh diseluruh daerah tropis di dunia.

Pohonnya bisa memiliki tinggi dari 5 meter sampai 20an meter,salah satu deretan pohon-pohon tertinggi,hampir semua tumbuhan ini tidak memiliki cabang cuman ada beberapa yang memiliki cabang yang mengalami kelainan.pada bagian batangnya berlekuk-lekuk berwarna hijau agak sedikit coklat.



Daunnya sangat panjang bisa mencapai 2 meter berwarna hijau dengan seratnya agak tebal dan bagian rangkanya agak kuat berbeda dengan jenis daun lain ini mungkin dimaksudkan untuk menopang panjang dari daunnya.

Pada buahnya,buahnya berbentuk bulat berwarna hijau dan ada juga yang berwarna kuning orang kulitnya ini berserabut yang tengahnya ada sejenis batok yang keras,di dalam batok ini disitulah ada dagingnya,dagingnya berwarna putih ada yang lembut dan ada yang keras.Selain dari daging kelapa di dalam batok itu juga terdapat airnya yang biasa disebut dengan air kelapa.

Berbicara tentang manfaat dari kelapa  yang semua bagiannya dapat digunakan oleh manusia,beberapa di antaranya adalah batangnya,daunnya,rangka daunnya buahnya dan masih banyak yang lain.

Kerajaan          :Plantae(Tanaman)
(tidak termasuk)Monokotil
(tidak termasuk)Commelinids
Ordo                :Arecales
Famili               :Arecaceae
Upafamili         :Arecoideae
Bangsa             :Cocoeae
Genus               :Cocos
Spesies            :Cocos nucifera