1 Juni 2015

Klasifikasi Pir

Kerajaan              :Plantae(tanaman)
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                   :Magnoliopsida
Ordo                    :Rosales
Famili                   :Rosaceae
Upafamili              :Maloideae
Genus                   :Pyrus

Pir merupakan buah yang biasa ditemukan di indonesia dengan nama lain dalam bahasa inggris yaitu pear.pir  ini mengandung banyak air bahkan lebih banyak dibanding apel,rasanya kadang ada yang masam dan ada juga yang manis.

Buah pir ini berbentuk dari atas lonjong dan semakin kebawah semakin membesar ,ada yang berwarna agak kekuningan ada juga yang berwana hijau segar agak kemerahan tergantung dari lokasi atau jenis pirnya karena beberapa negara memiliki buah pir yang berbeda-beda bentuk dan warna.



Pohon pir sendiri masuk dalam kisaran pohon yang berukuran sedang dengan ukuran dari 10 sampai 20 meteran, memiliki daun yang lebat dan rimbun,bicara tentang daun dari pir,ada beberapa negara di eropa yang pohon pirnya mengugurkan daunnya pada saat mendekati musim dingin dan akan tumbuh lagi ketika musim semi tiba tetapi ada pohon pir yang berada di asia yang tidak mengugurkan daunnya pada musim apapun.Hal ini biasa disebut evergreen.

Hampir seluruh dari pohon pir merupakan pohon yang tahan terhadap suhu dingin dari – 150c sampai -400c oleh karena itu pohon ini hampir tumbuh disemua negara-negara yang bersuhu dingin.