11 Agustus 2012

Parasitologi

Parasitologi diambil dari kata Parasit dan Logos dimana Parasit adalah benda kecil yang dapat merugikan dan hanya sedikit yang menguntungkan sedangkan Logos berarti ilmu atau pelajaran.Berarti Parasitologi berarti ilmu yang mempelajari tentang parasit.
Disini penulis ingin menuliskan tentang salah satu bagian inti dari ilmu parasitologi atau cabang ilmu parasitologi yaitu Helmintologi.Helmintologi adalah ilmu yang mempelajari parasit yang berupa cacing,berdasarkan taksonomi,helmint dibagi menjadi :
  • Nemathelminthes(cacing gilik)
  • Plathythelminthes(cacing pipih)
Stadium dewasa cacing yang termasuk Nemathelminthes(kelas nematoda) berbentuk bulat memanjang dan pada potongan tranversal tampak rongga badan dan alat-alat.cacing ini mempunyai alat kelamin terpisah.
Dalam parasitologi krdokteran diadakan pembagian nematoda menjadi nematoda usus yang hidup di rongga usus dan nematoda jaringan yang hidup dijaringan berbagai alat tubuh.

Cacing dewasa yang termasuk plathyhelminthes mempunyai badan pipih.tidak mempunyai rongga badan dan biasanya bersifat hemafrodit.
Plathyhelminthes di bagi menjadi kelas trematoda(cacing daun) dan kelas cestoda(cacing pita).cacing trematoda berbentuk daun,badannya tidak bersegmen.mempunyai alat pencernaan,cacing cestoda mempunyai badan yang berbentuk pita dan terdiri dari skoleks,leher dan badan(strobila) yang bersegmen(proglotid),makanan diserap melalui kulit (kutikulum badan)