2 November 2012

Sistem tubuh yang penting untuk homeostasis 2



  • sistem otot
menggerakkan tulang-tulang yang merekat kepadanya.selain itu,panas yang dihasilkan kontraksi otot penting untuk mengatur suhu.

  • Sistem integumen
berfungsi sebagai sawar protektif bagian luar yang mencegah cairan internal keluar dari tubuh dan mencegah benda asing masuk ke dalam tubuh.sistem ini juga penting dalam mengatur suhu tubuh,jumlah panas yang dikeluarkan dari permukaan tubuh ke lingkungan eksternal dapat disesuaikan dengan produksi keringat dan mengatur aliran darah hangat ke kulit


  •  Sistem imun
mempertahankan tubuh dari serangan benda asing dan sel-sel tubuh yang telah menjadi kanker,sistem ini juga mempermudah jalan unutk perbaikan dan pergantian sel yang tua dan cedera.

  • Sistem saraf
adalah salah satu dari dua system pengatur(control)utama tubuh,system ini mengontrol dan mengkoordinasi aktivitas tubuh yang memerlukan respon cepat,system ini sangat penitng terutama untuk mendeteksi dan mencetuskan reaksi terhadap berbagai perubahan di lingkungan internal.selain itu,system ini juga bertanggung jawab atas fungsi lain yang lebih tinggi yang tidak seluruhnya ditujukan untuk mempertahankan homeostasis,misalnya kesadaran,ingatan dan kreativitas.

  • Sistem endokrin
adalah system kontrol utama lainnya.kalenjar-kalenjar penghasil hormone pada system endokrin mengontrol konsentrasi zat-zat dan dengan menyesuaikan fungsi ginjal,mengontrol volume serta komposisi elektolit lingkungan internal.

  • system reproduksi

tidak esensial bagi homeostasis sehingga tidak penting bagi kelangsungan hidup individu,akan tetapi system ini penting bagi kelangsungan hidup suatu species.