17 Desember 2012

Materi dan Perubahannya

  • Pengertian Materi
Materi disebut juga zat adalah sesuatu yang memiliki massa,volume dan sifat-sifat.menurut wujudnya,materi dikelompokkan menjadi 3 yaitu : padat/solid (s),cair(Aq) dan gas (g).materi yang tergolong dalm wujud gas,misalnya : udara,gas bumi,gas elpiji,uap air, gas kapur,kapur barus.Materi dalam wuju cair misalnya :air,minyak goring,alcohol ,bensin,solar,larutan gula,air laut.Materi dalam wujud padat misalnya :baja,batu,dan kapur

  • Sifat Materi

jenis materi dikenal berdasarkan sifat-sifatnya dan dibedakan menjadi 2 macam ,yaitu sifat kimia dan sifat fisika.
a.       sifat fisika yaitu sifat materi yang berkaitan dengan peristiwa fisika misalnya : massa jenis,titik didih,titik lebur,kalor lebur,rasa,warna,dan bau,contoh : hydrogen sulfide ,zat yang tidak dapat dilihat,tetapi dikenal dengan baunya.
b.      Sifat kimia : adalah sifat suatu materi yang berkaitan dengan peristiwa kimia contoh : Kereaktifan : mudah atau tidaknya suatu materi bereaksi,mislanya tingkat keterbakaran,peruraian,dan pembentukan.
aplikasi : Batu kapur dipanasi terurai menjadi kapur tohor(kapur sirih dan gas karbon dioksida),merkuri oksida dipanasi menjadi logam mercuri dan oksigen.
  • Perubahan Materi

Materi dapat mengalami perubahan jika dipengaruhi oleh energy kalor,listrik atau kimia perubahan materi dibedakan dalam dua macam yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.
a.       Perubahan fisika :
Suatu materi mengalami perubahan fisika,jika tidak dihasilkan zat baru,meskipun sifat-sifat fisiknya mengalami perubahan.misalnya :Es jika dipanasi berubah menjadi air selanjutnya menjadi uap.dalam peristiwa ini terjadi perubahan wujud,yaitu padat menjadi cair dan akhirnya menjadi uap,tetapi jenis zat tetap yaitu air.
b.      Perubahan Kimia
Suatu materi menagalami perubahan kimia jika jenis zat berubah perubahan kimia disebut juga reaksi kimia atau reaksi misalnya :
Ø  Batu kapur dipanasi menjadi kapur sohor dan karbon dioksida.Batu kapur,kapur sohor dan karbon dioksida tiga zat yang berbeda pada [eristiwa ini zat sebelum dan sesudah reaksi jenisnya berbeda.
Ø  Kertas dibakar,zat yang terjadi sesudah pembakaran,abu,asap disertai energy kalor dan cahaya.zat sebelum dibakar,kertas,zat  setelah dibakar abu dan asap.jenis zatnya berbeda.