13 Maret 2013

Arti dan Manfaat sedian apus darah tepi


Sedian apus berarti meng”apus”kan(spread) suatu bahan diatas kaca objek.dalam pemeriksaan hematologi bahan yang diapuskan adalah darah atau sum-sum tulang.
Pemeriksaan sediaan apus merupakan bagian yang penting dari rangkaian pemeriksaan hematologi oleh karena sejumlah informasi dapat diperoleh dari pengamatan sediaan ini,antara lain informasi mengenai morfologi dan distibusi eritrosit,leukosit dan trombosit.kadang-kadang,tanpadi  minta oleh dokter klinik,bisa idtemukan adanya parasit malaria.

Manfaat lain dari pemeriksaan sedian apus adalah pemastian bentuk anemia seseorang berdasarkan morfologi dan hemoglobinisasieritrosit.disamping itu,sediaan apus dapat dipakai sebagai alat pengecek hasil pemeriksaan darah rutin yang dilakukan oleh para laboran.sebagai contoh :
  •        distribusi eritrosit yang  sangat renggang diseluruh lapangan pandang memeberi kesan jumlah eritrosit kurang dari normal.
  •         distribusi leukosit per lapangan pandang besar memberi kesan tentang jumlah leukosit per ul
  •   ukuran eritrosit dapat dikaitkan dengan hasil pemeriksaan LED atau resistensi osmoticUntuk mencapai manfaat ini,sediaan apus yang dibuat secara benar dengan teknik pengertia yag baik adalah sangat penting artinya.