4 Februari 2014

Morfologi atau daur hidup cacing daun

Cacing daun atau biasa disebut trematoda memiliki daur hidup yang sangat panjang,pada umumnya cacing daun memiliki bentuk badan yang sangat pipih dimana ukuran species kadang berbeda,memiliki saluran pencernaan yang berbentuk Y terbalik dimana dari mulut dan berakhir pada bagian belakang atau pengeluarannya
sumber :www.okc.cc.ok.us


Cacing daun pada umumnya tidak memliki alat pernapasan khusus,itu dikarenakan karena kehidupannya itu anaerob atau suatu mahluk yang tidak membutuhkan oksigen dalam perkembangan hidupnya. Memiliki susunan atau mempunyai alat reproduksi yang kompleks yaitu kelamin jantan dan kelamin betina yang berfungsi secara penuh.

Cacing daun dewasanya didalam hospes yang dihinggapi,dimana pada fase ini cacing sudah mulai bertelur dan menyebarkannya melalui organ-organ seperti hati,usus,paru-paru,darah dan tempat yang dihinggapi cacing ini.

Telur cacing tersebut biasanya keluar bersama dahak,urin atau pun tinja,biasanya  telur cacing ini sudah memiliki sel telur dan beberapa telur sudah memiliki mirasidium atau bulu getar,dan didalam air jika telur sudah memilki mirasidium atau bulu getar dapat langsung menetas.

Biasanya telur ini masuk atau menetas didalam hospes perantara yaitu keong air tapi ada juga telur yang menetas tidakdalam hospes perantara tetapi telur yang menetas ini harus menemukan hospes perantara ini dalam waktu 2 jam untuk melanjutkan kehidupannya ,jika tidak maka telur yang menetas ini akan mati.

Keong air merupakan hospes perantara pertama,dimana jika telur ini sudah mulai berkembang maka cacing yang mudah ini keluar dari hospes pertamanya dan menuju atau mencari hospes selanjutnya.salah satu hospes yang dituju antara lain sesuatu yang berada didekat air atau didalam air misalnya ikan,tumbuhan air atau udang batu berad pada sekitar itu.


Pada fase selanjutnya dimana cacing ini sudah mulai berkembang dari tubuh awalnya dari hospes kedua maka cacing ini akan pindah dan mencari hospes definitf atau hospes utama yang masuk dalam tubuh hospes melalui menembus dinding kulit hospes tersebut.cacing ini dewasa dan bertelur didalam tubuh hospes ini.