5 Februari 2014

Trematoda Hati (fasciola hepatica)

Fasciola hepatika adalah salah satu trematoda hati merupakan cacing yang menginfeksi sapi ,kambing dan bahkan juga manusia ikut di infeksinya. Nama penyakit yang jika sudah terinfeksi cacing ini adalah fasioliasis,hampir semua nama penyakit yang akhirannya itu asis.
sumber gbr : id.wikipedia.org



Penyebaran cacing ini terjadi di berbagai negara amerika latin, perancis dan negara-negara disekitar laut tengah banyak terinfeksi trematoda ini

Bentuk dari cacing itu berbentuk pipih dan seperti daun,pada bagian depan atau biasa disebut bagian anterior memilki sebuah kerucut yang dimana bagian atas kerucut ini memilki batil isap mulut yang berukuran sekitar 1 mm dan pada bagian bawah kerucut memiliki batil isap perut.bagian sistem pencernaannya bercabang-cabang, sama hal pada bagian testis dan saluran vitelin atau saluran pada alat kelamin juga bercabang.

Daur hidupnya hampir sama dengan cacing-cacing trematoda lain yaitu awalnya telur cacing dikeluarkan bersama tinja dan setelah telur ini memasuki air maka mirasidium atau bulu getar telur ini keluar,ini sangat membantu dalam proses pencarian hospes pertamanya yaitu keong air.


Di dalam keong air ini berbagai macam proses pertumbuhan telur cacing itu terjadi dan setelah memiliki metaserkaria, barulah telur cacing ini pindah kehospes keduanya yaitu tumbuhan air dan dari sinilah cacing ini menyebar,manusia atau binatang yang memakan tumbuhan air ini tanpa di masak maka telur cacing mengandung metaserkaria masuk dan menuju ke saluran empedu dan dewasa disana.