12 April 2014

Karakteristik pertumbuhan kuman

Pertumbuhan kuman memliki ciri khas dalam hal men sintesa dan sangat berimbang dari komponen-komponen makanan atau zat gizi yang dibutuhkan dalam lingkungannya.Hal ini terus berubah untuk mengikuti perkembangan atau perubahan yang ada disekitarnya,ini merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh mahluk hidup.

sumbe gbr : pixabay.com

Kuman merupakan mahluk hidup yang berjenis omnivore atau biasa disebut dengan pemakan segala.mereka (kuman) dapat mengolah segala bahan makanan yang ada disekitarnya,tingkat metabolismenya dapat menyesuaikan segala jenis makanannya mulai dari organik yang sangat sederhana sampai dengan organik yang sangat kompleks.

Ini salah satu hal yang membuktikan bahwa kuman memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam hal bertahan hidup,tidak ada makanan yang tidak dapat dimanfaatkan bahkan yang sebelumnya dianggap asing baginya.

Walaupun diantara masing-masing kuman ada berbagai macam perbedaan dalam hal kebutuhan tentang makanan tetapi ada hal yang memang sumber makanan dibutuhkan oleh seluruh jenis kuman diantaranya sebagai berikut.
a. air
b. garam-garam anorganik
c. mineral
d. sumber nitrogen
e. CO2 atau karbondioksida
f. faktor pertumbuhan
g. oksigen
h.potensial oksidasi reduksi
i.temperatur atau suhu
j. ph

k. tekanan osmotik dan kekuatan ion