8 Juli 2014

Klasifikasi Singa

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mamalia
Ordo : Karnivora
Famili : Felidae
Nama Latin : Panthera leo

Penjelasan : Singa merupakan keluarga felidae atau masih satu keluarga dengan kucing, singa hidupnya berkelompok dan memilikdaerah kekuasaan tertentu biasanya kelompok ini terdiri dari seekor singa jantan dan banyak singa betina.
 Sumber Gbr : tribunnews.com



Pada kelompok singa, singa betinalah yang berperan dalam proses kelangsungan hidup kelompoknya karena singa betinalah yang berperan aktif dalam pencarian makanan atau berburu mangsa sedangkan tugas dari singa jantan adalah melindungi daerah kekuasaannya dari kelompok singa lain.

Singa jantan memiliki bulu lebat disekitar leher ini berfungsi sebagai salah satu alat untuk melindungi leher dari serangan binatang lain dikarenakan binatang pemangsa lain sering menyerang bagian leher dari musuhnya, Kelemahan dari singa yaitu singa tidak bisa memanjat pohon sebaik keluarga atau famili kucing lainnya

Ciri Ciri : Singa jantan memiliki rambut yang lebat disekitar lehernya sedangkan betina tidak ada,Panjang singa jantan adalah 260-330 cm, kalau betina 240-270 cm. panjang ekor jantan 70-105cm, betina 60-100 cm. berat jantan 150-250 kg, berat betina 120-185 kg. panjang dari ujung kaki ke pundak jantan 80-123 cm, betina 75-110 cm. sehabis lahir berat singa adalah 1-2 kg.

Habitat : Panthera leo Krugeri
tinggal di daerah afrika selatan.
Panthera leo bleyenberghi
tinggal di daerah kongo,zinbabue dll.
Panthera leo massaieus 
tinggal di daerah tanzania,kenia.
Panthera leo persica
tinggal di daerah india
Panthera leo senegalensis

tinggal di daerah negara republik segnal