20 April 2014

Sterilisasi mikroorganisme

Sterilisasi adalah suatu bentuk yang dilakukan baik bersifat kimia ataupun fisika untuk membunuh semua bentuk mikroorganisme yang terdapat pada suatu alat,bahan serta apapun yang harus sterilisasi.

sumber gbr : Blog.ub.ac.id

Mikroorganisme merupakan makhluk hidup yang merugikan walaupun ada juga yang tidak tapi sebagian besar sangat merugikan menimbulkan bahaya dan kerusakan. Ini terlihat dari kemampuannya dalam menginfeksi manusia,tumbuhan serta hewan menyebabkan penyakit ringan bahkan kematian.

Mikroorganisme dapat mempengaruhi juga bahan makanan yang dapat menimbulkan perubahan bentuk,bau,warna dan lain2 pada makanan itu, bahannya tidak bisa di makan dan juga dapat menjadikannya beracun.

Kerusakannya tidak hanya pada bahan,tapi juga pada alat-alat yang peruntukannya juga biasa digunakan pada kehidupan sehari sehingga menimbulkan kerugian yang sangat besar,maka sebab itu penghancuran,penghambatan bahkan pembunuhan mikroorganisme merupakan suatu keharusan.

Karena itulah maka sterilisasi pada mikroorgamisme dilakukan untuk mengindari,hal-hal yang membuat penyakit,kerusakan serta kerugian yang ditimbulkan.

Setelah melihat sedikit penjelasan diatas maka dapat dirangkumkan bahwa kegunaan sterilisasi sebagai berikut :
  •        Menhambat dan membunuh penyebaran penyakit dan infeksi
  •        Menghancurkan atau memusnahkan sumber asal dari mikroorganisme yang menimbulkan kerugian
  •      Mencegah kerusakan pada bahan yang berguna yang bisa diinfeksi mikroorganisme