12 September 2014

Klasifikasi Beruang

Beruang adalah hewan atau binatang yang memiliki penyokong tubuh atau biasa disebut bertulang belakang merupakan hewan mammalia(memiiliki kalenjar susu) dan merupakan hewan pemakan daging .Beruang merupakan binatang buas berbulu tebal,memiliki cakar yang tajam dan panjang,bisa berdiri diantara kedua kakinya,telinga yang bundar dan memiliki moncong yang panjang.



Beruang itu sebenarnya memiliki ekor tapi karena sangat kecilnya jadi ekor beruang tidak begitu terlihat,memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat tajam.Beruang memiliki kuku yang digunaka untuk menyobek,menangka dan menggali.indra penglihatan beruang hampir sama dengan manusia dan juga mereka(beruang dan sejenisnya) tidak buta warna  

Beruang dapat memiliki 32 hingga 42 gigi. Susunan Gigi beruang tidak dikhususkan untuk membunuh mangsa mereka, karena gigi taring beruang relatif kecil dan umumnya digunakan untuk pertahanan diri atau alat. Bentuk gigi geraham beruang itu cukup lebar dan datar, gigi tersebut digunakan untuk memotong dan mengkunyah tumbuhan menjadi potongan lebih kecil supaya dapat dicerna.

Beruang memiliki empat cakar. Setiap cakar dilengkapi lima kuku yang tajam dan panjang. Kuku tersebut dapat digunakan untuk memanjat pohon, menyobek sarang rayap dan sarang lebah, menggali akar, atau menangkap mangsa, tergantung pada spesiesnya. beruang dapat berlari mencapai kecepatan 50 km/jam (30 mph). Beruang juga dapat bergerak dengan fleksibel dan lincah.

Bulu beruang panjang dan kasar. Warna bulu bervariasi tergantung pada spesiesnya. Ada yang berwarna putih, blonde atau krem, hitam dan putih, sampai hitam semua atau coklat semua. Warna bulu beruang juga bervariasi walaupun mereka satu spesies.


Pada hewan beruang,ukuran Jantannya jauh lebih besar dibanding betinanya bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari betinanya.Rentang hidup beruang berkisar 25 tahun sampai 40 tahun tergantung tidak bertahan hidup dari masing-masing beruang dan beberapa fakta mengatakan beruang yang hidup di kebun binatang umur nya lebih lama dibanding yang hidup di alam liar.

Kerajaan          :Animalia(hewan)
Filum               :Chordata( memiliki penyokong tubuh)
Kelas                :Mammalia(Memiliki kalenjar susu)
Ordo                :Carnivora(Hewan pemakan daging)
Famili              :Ursidae
Species            :Ursus Maritimus