8 September 2014

Klasifikasi Gajah

Kerajaan              :               Animalia(Hewan)
Filum                   :               Chordata(mempunyai penyokong tubuh)
Upafilum             :               Vertebrata(Hewan bertulang belakang)
Kelas                   :               Mammal
Superordo           :               Afrotheria
Ordo                    :               Proboscidea
Famili                 :               Elephantidae



Gajah adalah jenis hewan mamalia atau hewan yang memiliki kalejar susu yang mempunyai ukuran tubuh yang sangat besar dan mempunyai ciri yang khusus Yaitu belalai yang panjang ,telinga lebar dan mempunyai gading, menurut catatan, gajah ini banyak tersebar di dua benua yaitu benua Asia dan benua Afrika.

Gajah adalah hewan darat yang paling terbesar di dunia. Tinggi gajah afrika kurang lebih 3 sampai 4 meter (10 sampai 13 kaki) dan beratnya bervariasi antara 4,000 sampai 7,000 kg (8.800 sampai 15.000 lb), sementara tinggi gajah asia adalah 2 sampai 3.5 m (7 sampai 11 kaki) dan beratnya 3,000 sampai 5,000 kg (6.600 sampai 11.000 lb). Baik pada gajah asia maupun afrika, gajah jantan lebih besar dari gajah betina. Di antara gajah-gajah afrika, gajah di hutan lebih kecil dari pada gajah di sabana.Kerangka gajah terdiri dari 326 sampai 351 tulang. Tulang belakangnya terhubung dengan persendian yang erat, sehingga membatasi fleksibilitas tulang punggung. Gajah afrika memiliki 21 pasang iga, sementara gajah asia memiliki 19 atau 20 pasang


Untuk melihat perbedaan gajah Afrika dan gajah Asia ini dapat di lihat dari ukuran telinga nya, dimana ukuran telinga gajah Afrika lebih besar bila di banding kan dengan gajah Asia, selain itu bisa juga di lihat dari punggung nya, jika gajah Asia mempunyai punggung yang cembung, sementara gajah Afrika punggung nya cekung.