7 September 2014

Klasifikasi Harimau

Harimau (Panthera tigris) atau biasa dikenal dengan nama macan merupakan hewan yang memiliki tulang belakang,kebanyakan berwarna jingga tapi ada juga warna putih yang biasa disebut harimau putih,berdarah panas,berbulu dan memiliki kalenjar susu serta hewan pemakan daging dan termasuk dalam keluarga kucing.



Harimau adalah jenis terbesar dari keluarga kucing bahkan lebih besar dari sang raja hutan,kecepatan berlarinya hanya cheetah yang lebih cepat darinya,hewan karnivora terbesar dari keluarga kucing dan masuk dalam kategori hewan karnivora terbesar.


Harimau biasanya memburu mangsa yang agak besar seperti  kijang, babi, kijang, kancil, tetapi akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga kucing, harimau berbeda dengan kucing biasa, harimau sangat suka berenang, dan pada dasarnya kucing takut dengan air.

walaupun sedikit lebih berat. Beda subspesies harimau memiliki karakteristik yang berbeda juga, pada umumnya harimau jantan memiliki berat antara 180 dan 320 kg dan betina berbobot antara 120 dan 180 kg. Panjang jantan antara 2,6 dan 3,3 meter, sedangkan betina antara 2,3 dan 2,75 meter. Harimau Sumatera adalah yang paling kecil dan Harimau Siberia yang paling besar.


Loreng pada kebanyakan harimau bervariasi dari coklat ke hitam. Bentuk dan kepadatan lorengnya berbeda-beda subspesies satu dengan yang lain, tapi hampir semua harimau memiliki lebih dari 100 loreng. 

Karena semakin banyak perburuan terhadap hewan ini karena untuk diambil bulunya menyebabkan banyaknya kepunahan terhadap berbagai jenis hewan ini.

Kerajaan          :Animalia(Hewan)
Filum               :Chordata(Mempunyai penyokong tubuh)
Kelas                :Mammalia(memiliki Kalenjar susu)
Ordo                :Carnivora(Pemakan daging)
Famili              :Felidae(Kucing)
Genus              :Panthera
Spesies             :Panthera tigris