6 September 2014

Klasifikasi Ikan Hiu

Ikan Hiu atau Carcharias menissorah (nama latin) Habitat ikan hiu umumnya di laut tepatnya di perairan laut dalam dan sangat jarang ditemukan diperairan dangkal . 



Bentuk mengerucut kedepan , memiliki sirip dada atau Pinna pectoralis (Nama Latin)Berfungsi untuk pergerakan maju dalam berenang diperairan. Sirip Perut atau Pinna pelvic(Nama Latin) berfungsi untuk menempelkan tubuhnya pada substrat. Sirip Dubur atau Pinna anal (nama latin) berfungsi untuk isolasi yang berlebihan. Sirip Punggung atau Pinna dorsalis(Nama Latin) berfungsi dalam menjaga keseimbangan pada saat berenang. Sirip ekor atau Pinna caudal(nama latin)  berfungsi sebagai alat navigasi atau stir ke kiri dan kekanan. terdapat insang yang berjumlah lima buah. Tubuhnya tertutup sirip plakoid.

Ikan Hiu adalah sekelompok ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap. Hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari bakteri parasit, dan untuk menambah kekuatan di dalam air. Mereka mempunyai beberapa deret gigi yang dapat digantikan.

Gigi pada hiu yang berada di gusi tidak menempel di rahang secara langsung dan gigi tersebut bisa diganti setiap waktu. Beberapa hiu dapat kehilangan sekitar 30.000 lebih gigi semasa hidupnya. Tingkat pergantian gigi bervariasi dari sekali setiap 7-8 hari sampai beberapa bulan. Pada sebagian besar spesies gigi yang diganti satu persatu, kecuali hiu cookiecutter yang mengganti seluruh barisan gigi sekaligus.

Bentuk gigi hiu dipengaruhi pada pola makan. Misalnya hiu yang memakan moluska dan krustasea memiliki gigi yang rata dan padat yang berguna untuk menghancurkan dan mereka yang memakan mangsa yang lebih besar seperti mamalia memiliki gigi yang lebih rendah untuk mencengkeram dengan gigi atas berbentuk segitiga dengan tepi bergerigi untuk memotong.

Kerangka hiu sangat berbeda dibandingkan dengan ikan-ikan bertulang seperti misalnya ikan kod, karena terbuat dari tulang muda (tulang rawan), yang sangat ringan dan lentur, meskipun tulang muda di ikan-ikan hiu yang lebih tua kadang-kadang sebagian bisa mengapur, sehingga membuatnya lebih keras dan lebih seperti tulang. 
 Hiu umumnya lambat mencapai kedewasaan seksualnya dan menghasilkan sedikit sekali keturunan dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya. Ini telah menimbulkan keprihatinan di antara para biologiwan karena meningkatnya usaha yang dilakukan untuk menangkapi ikan hiu selama ini, dan banyak spesies yang kini dianggap terancam punah.

Klasifikasi Hiu:
Kingdom          : Animalia(Hewan)
Filum               : Chordata(mempunyai penyokong tubuh dalam)
Ordo                : salachi
Family             : Charcharidae
Class                : Chondrichtyes
Genus              : Charcarias
Spesies            : Carcharias menissorah