14 September 2014

Klasifikasi Jerapah

Jerapah atau bahasa latinnya Giraffa Camelopardis  merupakan hewan yang memiliki kalenjar susu dan peyokong tubuh atau bisa dibilang hewan bertulang belakang.Hewan menyusui ini merupakan hewan yang paling tertinggi didarat dengan tinggi hampir mencapai 5,5 meter dan memiliki berat 1000-an Kg sedangkan betinanya sedikit lebih ringan.



Jerapah merupakan hewan yang selektif dalam memilih makanan,jerapah hanya memakan dedaunan dan juga tunas muda dari semak atau pohon.Karena tingginya jerapah dapat dengan mudah dapat mengambil daun dari pohon-pohon yang sangat tinggi.Jerapah dapat bertahan tanpa minum,tubuhnya dapat terhidrasi dengan baik karena memanfaatkan air pada dedaunan.

Jerapah biasanya hidup di daerah dengan banyak padang rumput terutama yang ada pohon merambatnya dan juga pohon akasianya.Pada pertumbuhan jerapah bisa dibilang sangat ekstrim dikarenakan jerapah di lahirkan dengan tubuh induknya dalam keadaan berdiri yang artinya bayi yang baru lahir langsung jatuh dari ketinggian 1,5 meter dan anehnya lagi setelah lahir,bayi jerapah dapat langsung berdiri setelah 20 menit dan menyusu ke ibunya.Masa kehamilan seorang jerapah betina sekitar 15 bulan  dan tingkat kehidupannya sekitar 25 tahun.

Ada beberapa jenis dari Jerapah yaitu :
  • Jerapah Kanibal,Bercak berwarna coklat muda kemerah-merahan dikelilingi garis berwarna putih terang, membentuk pola poligon seperti jala yang besar-besar.
  • Jerapah Angola,Bercak berukuran besar dan kecil secara tidak teratur. Bercak berlanjut hingga di bawah lutut.
  • Jerapah Kordofan,bercak berukuran kecil, lebih tidak teratur dan juga terdapat pada kaki bagian sebelah dalam.
  • Jerapah Masai atau Jerapah Kilimanjaro,Bercak berbentuk seperti daun anggur, berwarna coklat tua dengan pinggiran yang tidak rata, dikelilingi garis berwarna kekuningan.
  • Jerapah Nubia,Bercak berbentuk hampir persegi empat, berwarna coklat terang di atas dasar berwarna krem. Kaki bagian dalam dan bagian bawah lutut bebas dari bercak.
  • Jerapah Rothschild, disebut juga Jerapah Baringo atau Jerapah Uganda ,Bercak berbentuk persegi empat dengan gradiasi warna latar berwarna krem di bagian pinggir. Bercak bisa sampai ke bagian bawah lutut. Habitat: Uganda, Kenya bagian tengah sampai timur.
  • Jerapah Afrika Selatan,Bercak berbentuk bundar atau tutul-tutul, beberapa di antaranya membentuk pola seperti bintang. Latar belakang bercak warna coklat muda yang terang. Bercak atau tutul bisa sampai ke bagian telapak kaki. Habitat: Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, dan Mozambik.
  • Jerapah Thornicroft atau Jerapah Rhodesia,Bercak berbentuk bintang atau daun, berlanjut sampai ke kaki bagian bawah.
  • Jerapah Afrika barat atau Jerapah Nigeria,Bercak berwarna merah kekuningan yang pucat


Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Chordata(Memiliki Penyokong Tubuh)
Kelas                    :Mammalia(Memiliki Kalenjar Susu)
Ordo                     :Artiodactyla
Genus                   :Giraffa
Spesies                 :G. Camelopardalis