19 Oktober 2014

Klasifikasi Lalat rumah

Lalat rumah memiliki ukuran 6 sampai 7,5 mm,berwarna hitam dan agak keabu-abuan dan memiliki garis memanjang sepanjang punggungnya,betinanya memiliki ukuran yang lebih besar dari jantannya.Pada sayap lalat jenis rumah ini memiliki garis-garis dan hal inilah yang membedakan lalat jenis ini dengan lalat jenis lainnya.
 


Kehidupan lalat memiliki 4 tingkatan dan kehidupannya dimulai dari sebuah telur ,lalu larva,pupa hingga dewasa.waktu yang dibutuhkan telur lalat hingga dewasa membutuhkan waktu 6 sampai 42 hari sedangkan lama kehidupan lalat dewasa 2 sampai 3 minggu tetapi ada suatu aneh dimana jika lalat hidup pada kondisi dingin kehidupannya bisa sampai 3 bulan.

Lalat berkembang biak dengan bertelur, berwarna putih dengan ukuran lebih kurang 1 mm panjangnya. Setiap kali bertelur akan menghasilkan 120–130 telur dan menetas dalam waktu 8–16 jam .Pada suhu rendah telur ini tidak akan menetas (dibawah 12 –13 ยบ C). Telur yang menetas akan menjadi larva berwarna putih kekuningan, panjang 12-13 mm

Lalat tidak kuat terbang menantang arah angin, tetapi sebaliknya lalat akan terbang jauh mencapai 1 kilometer jauhnya.

Kingdom              :     Animalia
Sub kingdom        :     Invertebrata
Filum                    :     Arthropoda
Kelas                    :     Insecta
Ordo                     :     Diptera
Familia                 :     Muscidae
Genus                   :     Musca
Spesies                 :     Musca domestica