13 Oktober 2014

Klasifikasi Lalat Buah

Lalat buah(Drosophila Melanogaster) adalah binatang atau hewan yang termasuk kelas insecta (serangga ) dan masuk dalam bagian bangsa lalat,memiliki sayap dan merupakan model yang paling banyak digunakan dalam penelitian genetika,fisiologi, dan evolusi sejarah manusia.



Ciri-ciri dari lalat buah itu sendiri yaitu memiliki tubuh yang berwarna kuning hampir mendekati kecoklatan dan memiliki cincin dibagian tubuhnya.Ukurannya 3-5 mm, matanya majemuk berwarna merah,memiliki bulu-bulu tubuh berwarna dasar putih dan juga memiliki sayap panjang serta berwarna transparan .

Lalat buah (Drosophila Melanogaster) mudah dipelihara dalam laboratorium karena makanannya sangat sederhana, hanya memerlukan sedikit ruangan dan tubuhnya cukup kuat.
Jumlahnya di alam sangat berlimpah dan mudah diperoleh.

Jumlah kromosom relatif sedikit, yaitu 4 pasang dan memiliki “Giant Chromosme”. kromosom ini terdapat dalam sel-sel kelenjar ludah yang besarnya 100 kali lipat dari kromosom biasa, sehingga mudah diamati di bawah mikroskop cahaya.


Lalat buah (Dropsophila Melanogaster) siklus hidupnya sangat pendek dan perputaran antara hidup dan mati hanya membutuhkan 12 hari mulai dari telur,ulat,pupa dan lalat sampai akhirnya menemui kematiannya.

Kerajaan              :Animalia(hewan)
Filum                   :Arthropoda
Kelas                    :Insecta(Serangga)
Ordo                     :Diptera(bangsa lalat)
Famili                   :Drosophilidae
Upafamili             :Drosophilinae
Genus                   :Drosophila
Upagenus             :Sophophora
Grup spesies         :Grup melanogaster
Upagrup spesies   :Subgrup melanogaster
Spesies                 :D. Melanogaster