6 Desember 2014

Klasifikasi Belalang Sembah

Pada kenal nggak film kungfu panda...dari ke lima jagoan kesatria naganya satu akan di bahas disini yaitu belalang sembah..nggak tahu siapa namanya lupa..



Belalang sembah ini berbeda dengan belalang biasa karena memiliki bentuk yang lebih menakutkan dan juga memiliki ciri khas yaitu pada bagian tangannya  melekuk membentuk seperti orang yang menyembah makanya namanya belalang sembah

Belalang jenis ini merupakan hewan yang berkelas serangga,memiliki bentuk tubuh memanjang kira-kira panjangnya 5 cm sampai 10 cm, kebanyakan berwarna hijau tapi ada juga warna lainnya,memiliki sayap yang dapat membantunya terbang, serta bentuk tangannya yang melekuk seperti menyembah,d film-film banyak mengatakan bahwa lekukan itu sangat tajam makanya waktu kecil jarang mainin hewan ini soalnya takut ter iris.

Spesies dari hewan ini ada sekitar 2000 an lebih dan tersebar di seluruh dunia baik iklim tropis maupun subtropis yang penting hewan ini dapat hidup dilingkungan itu.Belalang sentadu adalah salah satu dari segelintir serangga yang dapat memutar kepalanya. Ischnomantis gigas adalah belalang sentadu terbesar dengan panjang 17 cm untuk yang betina, dan ditemukan di daerah Sahel di Afrika. Belalang sentadu terkecil adalah Bolbe pygmaea, yang hanya 1cm panjangnya pada usia dewasa.

Seekor belalang sentadu betina yang hamil akan menghasilkan massa busa yang besar, yang disebut ootheca. Ootheca ini dapat memuat hingga 300 butir telur, yang semuanya dilindungi dalam kantung busa. Oothecae ini dihasilkan pada musim gugur dan sesudah itu belalang sentadu dewasa mati.

Belalang sembah merupakan hewan karnivora, jenis hewan yang biasa dimangsa oleh belalang sembah bermacam-macam, dari serangga-serangga kecil seperti jangkrik, kupu-kupu, lebah, hingga hewan vertebrata seperti ular, tikus, kadal, katak, dan burung kecil.


Ada suatu fakta yang sangat mengerikan pada hewan ini,yaitu pada proses bereproduksi atau bercinta,si jantan setelah bereproduksi dengan betina maka akan menjadi santapan sang betina,ya betul santapan atau makanan bagi si betina biasanya yang sering dimakan adalah bagian kepala.sungguh tragis,si jantan rela mati demi melanjutkan keturunan dan juga demi cinta.


Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Arthropoda
Kelas                   :Insecta(serangga)
Ordo                    :Mantodea