6 Desember 2014

Klasifikasi Undur-Undur

Undur- undur.....siapa yang tidak kenal hewan kecil ini ? merupakan hewan yang paling sering dimainin sama anak-anak 90-an,kebetulan penulis pernah memainkannya(hehehe..).
Larva undur-undur



Kembali ke topik.Hewan ini merupakan hewan kelas serangga,yang memiliki spesies yang sangat banyak berkisar mencapai 2000 macam dan mereka tersebar ke seluruh belahan dunia terutama dengan kondisi yang banyak pasir dan hangat.

Nama undur-undur sendiri  diambil karena kebiasaan larvanya berjalan mundur,tapi kebiasaan jalan mundur memiliki kegunaan yang sangat besar pada kehidupan larvanya,dengan berjalan mundur larva bisa membuat jebakan  untuk menangkap mangsanya yang kebanyakan adalah semut.Berbeda  dibagian barat,hewan ini dinamakan ant lion atau bahasa indonesianya yaitu semut singa,dinamakan seperti itu karena cara menerkam semut yang sangat beringas dan ganas sehingga larvanya ini dinamakan semutnya singa.

Undur-undur dewasa

Pada undur-undur dewasa penampilannya hampir mirip dengan capung karena memiliki abdomen yang panjang serta memiliki sayap yang transparan.hal yang membedakan kedua hewan ini yaitu pada undur-undur dewasa memiliki antena yang panjang dan sedikit melengkung pada ujungnya,memilki ukuran yang lebih kecil dari capung serta merupakan penerbang yang lemah yang berarti tidak bsa menyamai kecepatan terbang dari seekor capung.

Undur-undur memiliki ukuran yang bervariasi. Jenis undur-undur terbesar di dunia diketahui berasal dari genus Palpares yang hidup di Afrika dan rentang sayapnya mencapai 16 cm. Spesies yang terkecil berasal dari wilayah Arabia dan rentang sayapnya hanya sekitar 2 cm. Mayoritas undur-undur sendiri umumnya berukuran antara 4–10 cm.

Reproduksi dari kebanyakan hewan ini sedikit cepat,dimana setelah dari larva menuju undur-undur dewasa atau lebih tepatnya setelah keluar dari kepompongnya .Undur –undur betina dan jantang menempel dipohon dan saling melekatkan ujung abdomennya untuk proses pembuahan atau kopulasi.hal ini bisa berlangsung sangat lama bisa mencapai 2 jam,dan setelah si betina telurnya. 

Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Arthropoda
Upafilum             :Hexapoda
Kelas                   :Insecta(serangga)
Upakelas             :Pterygota
Infrakelas            :Neoptera
Ordo                    :Neuroptera

Famili                  :Myrmeleontidae