13 Desember 2014

Klasifikasi Ikan Lele

Ikan Lele adalah sejenis hewan air yang mudah untuk dikenali karena hewan ini memiliki ciri khas yaitu memiliki kumis seperti kucing dan memiliki bentuk yang aneh serta kulitnya yang begitu licin.


Bentuk dari ikan lele sendiri sejara lebih jelas yaitu memiliki kulit yang licin dan tidak bersisik,anus yang panjang menyatu dengan ekor,memiliki sungut(kumis) atau peraba hal ini membantu ikan lele berenang di air yang keruh atau gelap,dan yang terakhir yaitu ikan lele ini memiliki patil atau duri disekitar sirip-sirip dadanya,duri ini sangat tajam dan menyakitkan jika terkena oleh manusia serta duri ini beracun sehingga orang yang tertusuk akan demam dalam beberapa hari. Walaupun biasanya lele lebih kecil daripada gurami umumnya,namun ada beberapa jenis lele yang bisa mencapai panjang 1-1,5 m dan beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg,contohnya lele Wels dari Amerika.

Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap. Tempat tinggal dari binatang ini jarang sekali ditemukan di air asin atau air laut kalaupun ada ikan itu berbeda suku dari ikan lele,ikan lele sendiri selalu dapat ditemukan diperairan air tawar misalkan di sungai ,rawa-rawa dan bahkan bisa didaerah kotor sekalipun misalkan di got atau selokan pembuangan.


Spesies dari hewan ini sampai sekarang telah diketahui ada sekitar 20 spesies dia asia tenggara dan ini pun penelitiannya baru 10 tahun terakhir ini.

Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Chordata(Memiliki penyokong tubuh dalam)
Kelas                   :Actinopterygii
Ordo                    :Siluriformes
Famili                  :Clariidae
Genus                  :Clarias