12 Desember 2014

Klasifikasi Kepiting

Makanan seafood yang menjadi primadona sering dijajakan dari restoran sampai pedagang kaki lima selain dari udang dan cumi cumi yaitu Kepiting,binatang ini memiliki kulit atau cangkang yang keras namun memiliki daging yang lembut didalamnya.



Bukan masalah masakan yang akan dibahas kali ini hehehehe... namun hewan ini sebenarnya terklasifikasi seperti apa.Binatang ini salah satu berupafilum berkaki sepuluh dan memiliki abdomen(perut) dan thorax(dada) tapi karena terlalu dekatnya antar thorax dengan abdomen sehingga abdomen tersembunyi dibawah dada.Sebelumnya tadi di paragraf pertama penulis mengatakan bahwa kulit atau cangkang yang keras itu didasari karena ada salah satu zat yang dimiliki kepiting yang disebut Kitin.

Bentuk dari kepiting sendiri melebar kesamping dengan rata-rata memiliki 10 kaki, yang capit itupun termasuk kaki tapi karena bentuknya tidak menyerupai kaki lainnya makanya capit itu tidak digunakan sebagai alat gerak.Ukurannya dari yang kecil berukuran beberapa milimeter sampai dengan kepiting yang paling besar yang berada di jepang bisa mencapai 4 meter.


Kepiting terdapat di hampir seluruh perairan samudra yang ada didunia terutama pada daerah-daerah tropis,ada kepiting air tawar dan darat,kepiting tinggal nya dipedalaman laut dan jarang sekali naik ke permukaan pantai

Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Arthropoda
Upafilum             :Crustacea(Berkaki sepuluh)
Kelas                    :Malacostraca
Ordo                    :Decapoda
Upaordo              :Pleocyemata
Infraordo             :Brachyura(Ekor Pendek)