26 Maret 2015

Klasifikasi Bunga mawar

Mawar adalah bunga yang menurut penulis merupakan bunga yang menjadi peringkat teratas terhadap bunga paling dicari dan bunga paling indah.kali ini penulis akan membahas tentang mawar serta klasifikasinya.

Klasifikasi 
Kerajaan              :Plantae(tanaman)
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                   :Magnoliopsida
Ordo                    :Rosales
Famili                   :Rosaceae
Upafamili              :Rosoideae
Genus                   :Rosa L.

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak yang banyak dijumpai didaerah yang berudara sejuk,jenis dari mawar sendiri ada sekita 100 spesies lebih,walaupun indah tanaman ini memiliki duri dan yang sangat tajam jika terkena tangan.Tingginya kira-kira dari 2 meter sampai 5 meter dan yang terbesar walaupun jarang ditemui kasusnya bisa mencapai  20 meter

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan atau biasa disebut pinnate. Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun stipula berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.



Kebanyakan duri mawar berbentuk seperti pengait  yang menghadap keatas dan juga menhadap kebawah,duri ini sebenarnya memiliki fungsi untuk kelangsungan hidup mawar itu sendiri,ada beberapa yang bisa penulis sebutkan yaitu membantu tanaman mawar merambat tumbuhan lain,mencegah atau mengurangi kerusakan yang terjadi akibat serangan atau ancaman dari spesies lain bisa dibilang sebagai bentuk pertahanan,melindung akar dari erosi serta menahan pasir yang diterbangkan angin.

Mawar dapat dijangkiti beberapa penyakit seperti karat daun yang merupakan penyakit paling serius serta penyakit Bercak Hitam yang ditandai timbulnya bercak-bercak hitam pada daun .Mawar juga merupakan makanan bagi larva
Ada beberapa macam jenis mawar yang ada di dunia yaitu :
  • Mawar Liar
  • Mawar hasil Persilangan
  • Mawar kebun
  • Mawar yang memanjat
  • Mawar semak