28 Maret 2015

Klasifikasi Bunga Melati

Kerajaan              :Plantae
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                   :Magnoliopsida
Ordo                    :Lamiales
Famili                   :Oleaceae
Genus                   :Jasminum
Siapa yang tak kenal dengan bunga satu ini bunga ini memiliki bau yang sangat khas dan sangat sedap jika dihirup.melati ini memiliki ciri khas seperti bunganya yang berwarna putih dengan daun yang yang berwarna hijau,memiliki ukuran pohon sekitar setengah meter.

Melati merupakan tumbuhan  atau tanaman yang yang merambat ,memiliki lebih dari 200 spesies yang tersebar di wilayah tropis dan hangat.Melati banyak di budidayakan karena keharuman dari bunganya yang dipergunakan untuk berbagai hal.



Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia.


Adapun manfaat lain dari bunga melati yaitu sebagai pembantu untuk mengurangi keluarnya air susu ibu yang berlebihan,dengan cara bunga nya diremukkan lalu ditempelkan diatas buah dada.Melati ini bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti bisul,bisa juga untuk mengobati sariawan dengan cara di kumur-kumur serta air rendamannya dapat digunakan untuk membersihkan muka sebagai penyegar muka.