28 Maret 2015

Klasifikasi Bunga Anggrek

Kerajaan              :Plantae(Tanaman)
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                   :Liliopsida
Ordo                    :Asparagales
Famili                   :Orchidaceae(anggrek-anggrekan)

Anggrek yang kebanyakan berwarna ungu ini merupakan bunga dengan jenis terbanyak dibanding dengan jenis bunga lainnya.jenisnya tersebar di daerah tropika basah tapi tidak sedikit pula jenis lain tumbuh di tropika saja. Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin.

Tumbuhan ini agak berbeda dibanding dengan beberapa jenis tumbuhan lain,perbedaannya berasal dari organ –organ yang menyusun anggrek tersebut yaitu berukuran lebih tebal dari kebaanyakan tumbuhan lain.Ketebalan ini memiliki keuntungan dapat menampung lebih banyak dari biasanya sehingga tanaman anggrek dapat bertahan di daerah dengan ketersediaan air yang rendah.

Anggrek memiliki ciri-ciri yaitu berakar serabut,batangnya beruas-ruas,daunnya oval memanjang  dengan tulangnya yang memanjang pula,daunnya juga tebal dan dapat menampung air.

Macam macam Anggrek :
  • Anggrek Epifit

Anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman inangnya dan membutuhkan naungan dari cahaya matahari. Akar anggrek menyerap makanan dari air hujan, kabut dan udara sekitar.
  • Anggrek Terestial

Anggrek yang tumbuh di tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung. akarnya mengambil makanan dari tanah.
  • Anggrek Saprofit.

Anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering, serta menbutuhkan sedikit cahaya matahari. Jenis ini tidak memiliki daun dan klorofil.
  • Anggrek Litofit.


Anggrek yang tumbuh pada batu-batuan atau tanah berbatu, dan tahan terhadap cahaya matahari penuh. Anggek ini mengambil makanan dari hujan, udara, humus.