29 Maret 2015

Klasifikasi Tanaman Mangga

Kerajaan              :Plantae(Tanaman)
Filum                    :Magnoliophyta
Kelas                   :Magnoliopsida
Ordo                    :Sapindales
Famili                   :Anacardiaceae
Genus                  :Mangifera
Spesies                :Mangifera indica

Mangga  merupakan jenis buah sekaligus dengan pohonnya keseluruhan,terdiri dari 35 anggota dan suku dan nama ilmiahnya mangifera indica.Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10 sampai 40 meteran.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga(india). Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga,mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti pohon yang berbuah mangga dari india.



Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem
Mangga memiliki pohon yang bisa di bilang sangat besar bisa mencapai 40 meter atau lebih,memiliki ranting atau cabang yang banyak,batangnya sangat keras dengan daun yang berbentuk oval memanjang dan daunnya agak tebal dengan ukuran kira-kira 10 cm lebih.


Buah mangga sendiri memiliki ciri-ciri seperti  bulat tetapi bulat pada masing-masing buah tidak sama,tergantung jenis dari mangga tersebut seperti mangga golek,harum manis,manalagi dan lain-lain.warna kulit buah biasanya jika sudah ranum berwarna kuning  menuju jingga tapi ada juga yang berwarna hijau,isi buahnya jika sudah ranum berwarna kuning ke jinggaan jika belum ranum berwarna kuning kehijauan.panjangnya sekitaran 5 cman lebih bahkan bisa lebih besar lagi..