31 Maret 2015

Klasifikasi Jeruk

Kerajaan              :Plantae(Tanaman)
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                   :Magnoliopsida
Upakelas              :Rosidae
Ordo                    :Sapindales
Famili                   :Rutaceae
Upafamili              :Aurantioideae
Bangsa                 :Citreae
Genus                   :Citrus

Jeruk adalah anggota marga dari citrus atau suku jeruk-jeruk,berbentuk seperti pohon dan memiliki buah yang berdaging dengan rasa yang masam yang segar,walaupun sebagian besar dari buah jeruk memiliki rasa masam tetapi ada juga yang rasanya manis,rasa asam ini berasal dari asam sitrat yang terkandung pada semua anggota keluarga jeruk.

Jeruk ini berasal dari kawasan asia atau lebih tepatnya asia timur dan tenggara,dan penyebarannya terus menyebar sampai kawasan terdekatnya.jeruk yang manis berasal dari kawasan asia timur sedangkan jeruk yang agak masam misalnya jeruk bali,jeruk purut,dan jeruk nipis berasal dari kawasan asia tenggara.



Jeruk dapat tumbuh baik dengan Keadaan iklim pada kisaran suhu udara 25 °C - 30 °C atau rata-rata 20 °C, kelembaban udara 50 % - 85% dengan minimal 3 bulan kering. Jeruk harus ditanam di tempat terbuka atau mendapat cukup sinar matahari, dan apabila ditanam di dataran tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi tebal dan rasa jeruk menjadi pahit. Keadaan tanah yang baik untuk ditanami jeruk adalah tanah yang gembur, memiliki kandungan bahan organik yang tinggi, memiliki aerasi dan drainase yang baik, dengan nilai kemasaman.

Jeruk sendiri memiliki ciri-ciri berbentuk pohon dengan ketinggian kisaran 2 sampai  15 meter,batangnya berduri tapi tidak rapat atau duri berjarak satu dengan yang lain,daunnya berwarna hijau muda yang baru mekar dan hijau tua jika telah lama mekar,buah jeruk berwarna hijau sampai kekuningan dari kulit sampai dagingnya ,daging buahnya memiliki serat dan banyak serta berbentuk bulir dengan kandungan air yang banyak.