17 Juni 2015

Klasifikasi Melon

Melon atau bahasa latinnya cucumis  melo adalah nama tumbuhan sekaligus nama buahnya,tumbuhan merambat ini tidak memiliki pohon seperti bua lainnya hanya bagian dari badannya ini merambat.

Buah yang berwarna hijau pada kulitnya dan hijau muda dagingnya memiliki bentuk bulat dengan tekstur pada kulitnya ada garis-garis yang saling terhubung yang membentuk suatu pola yang khas,rasa dari dagingnya sendiri ada yang manis ada juga yang nggak manis tergantung dari pemeliharaannya serta memiliki bau yang khas.


Pada bagian-bagian dari tumbuhan ini hanya memiliki sejenis cabang dan berwarna hijau serta daun dan buahnya ,tanaman ini bahkan membutuhkan kayu penopang untuk pertumbuhannya agar tanaman yang dihasilkan bagus,ini dapat dilihat pada beberapa petani yang membudidayakan tumbuhan melon ini.

Tumbuhan semusim(sekali panen), merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daun berbentuk menjari disertai dengan lekuk. Batangnya biasanya tidak berkayu.

Tumbuhan ini berumah satu dengan bunga dua tipe yaitu bunga jantan dan hermafrodit(bunga banci). Bunga jantan muncul biasanya pada saat tanaman masih muda atau bila tumbuhnya kurang baik.

Kerajaan              :Plantae(tanaman)
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                   :Magnoliopsida
Ordo                    :Cucurbitales
Famili                   :Cucurbitaceae
Genus                   :Cucumis

Spesies                 :Cucumis melo