20 Juni 2015

Klasifikasi Mentimun

Mentimun atau biasa di sebut timun atau ketimun atau didaerah penulis disebut bonte memiliki nama latin yaitu cucumis sativus.merupakan tanaman yang sekaligus nama buahnya merupakan tanaman yang memiliki buah sebagai penyegar jika dimakan dan biasa dijadikan sayuran,buah ini banyak juga dijadikan sebagai teman dari sambel karena buah ini banyak mengandung air.

Selain dijadikan sebagai sumber makanan,buah ini juga diajadikan pelembab pada wajah dan juga dipercayai sebagai penurun tekanan darah.


Mentimun merupakan tanaman merambat yang tumbuh hanya semusim sekali,jika tanaman sudah berbunga dan berbuah maka tanaman akan langsung mati.bunga nya terdiri dari bunga jantan dan bunga banci(hemafrodit) biasanya bunganya akan tumbuh pada kisaran waktu 4 sampai 5 minggu.Bagi beberapa budidaya tanaman  ini banyak petani yang membatasi buah yang akan muncul agar mendapatkan buah dengan hasil yang baik,mungkin jika terlalu banyak tanamannya tidak bisa membagikan nutrisi dengan baik pada buah jadi hasilnya tidak maksimal.

Buahnya berwarna hijau dengan larik berwarna kuning,semakin mendekati matang atau semakin matang buah akan memutih,biasanya tanaman ini diambil pada saat belum matang atau pada saat masa segar-segarnya.


Mentimun memiliki efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit.Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang di miliki mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Kerajaan              :Plantae(Tanaman)
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                    :Magnoliopsida
Ordo                    :Cucurbitales
Famili                    :Cucurbitaceae
Genus                   :Cucumis
Spesies                 :Cucumis sativus