15 Juni 2015

Klasifikasi Mengkudu

Kerajaan              :Plantae(Tanaman)
Ordo                    :Gentianales
Famili                   :Rubiaceae
Genus                   :Morinda
Spesies                 :Morinda citrifolia

Mengkudu atau bahasa latinnya adalah Morinda Citrifolia merupakan tumbuhan yang bisa tumbuh didataran rendah dan bisa juga tumbuh didataran tinggi,pohinnya memiliki tinggi 3 sampai 8 meteran tergantung nutrisi yang didapat dari pohon tersebut,buahnya berbentuk bulat lonjong dengan banyak benjolan-bejolan berwarna hijau pada saat masih mudah dan berwarna putih pada saat sudah matang,pada daerah badan buahnya memiliki banyak totol-totolan atau bintik-bintik.



Walaupun bau dan rasa menurut penulis sungguh tidak enak dan rasanya agak pahit tapi didataran aceh,banyak orang-orang yang membuatnya sayur dan rujak serta sebagai panganan pada saat orang berbuka pada saat bulan puasa.

Memang rasa dan baunya tidak enak cuman buah ini banyak mengandung zat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Mengkudu pertama kali berasal dan menyebar ke seluruh dunia itu disebabkan oleh banyaknya pengembara yang membawa tumbuhan ini dari suatu tempat ke tempat lain sehingga penyebarannya begitu cepat.Bangsa pengembara ini biasa disebut bangsa polinesia.

Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 3-8 m. batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, dan tidak berbulu. Kayu mengkudu mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Bisa digunakan untuk penopang tanaman lada.

Berdaun tebal mengkilap. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal serta memiliki ukuran  5–17 cm. Daunnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ambeien karena daunnya banyak mengandung vitamin A

Adapun zat-zat yang terkandung dalam buah mengkudu itu sangat banyak yaitu beberapa zat akan kebutuhan nutrisi misalnya protein vitamin dan lain.

Terpenoid. Zat ini membantu proses pemulihan sel-sel tubuh.

Zat anti bakteri

Scolopetin. sebagai unsur anti peradangan dan anti-alergi.


Zat anti kanker