4 Juni 2015

Klasifikasi Tomat

Kerajaan              :Plantae(tanaman)
(tidak termasuk)Eudikotil
Ordo                    :Solanales
Famili                   :Solanaceae
Genus                   :Solanum
Spesies                 :Solanum  lycopersicum

Tomat adalah sejenis buah-buahan yang kebanyakan jenisnya berwarna merah dengan ukuran hampir sebesar kentang,kenapa penulis menyamakan dengan kentang karena tomat adalah keluarga dekat dari kentang.....sulit di percaya meliha bentuknya sangat berbeda.

Tomat merupakan buah atau tumbuhan asli dari daerah amerika tengah dan selatan,dari meksiko sampai peru,memiliki bentuk pohon yang tidak terlalu besar berkisar antara 1 sampai 2 meter,memiliki daun yang berbentuk oval memajang dan berwarna hijau.



Asal mula dari tomat itu menurut peneliti awal mulanya berasal dari daratan tinggi amerika selatan,setelah kependudukan spanyol ang menguasai amerika selatan,spanyol membawa tomat ini keberbagai daerah daerah sekutunya dan sampai di negara filipina.Mungkin dari negara filipina inilah tomat menyebar ke seluruh asia.Tomat dapat tumbuh di iklim mediterania.

Perbedaan tomat jenis lain dengan jenis lainnya dapat dilihat salah satunya Berdasarkan penampilannya ,contohnya dengan warnanya yang hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

Ada juga dari bentuk dan kegunaannya.Salah satu dari bentuk adalah biasa disebut dengan tomat ceri yang ukuran kecil dan bulat serta berwarna merah mirip dengan buah ceri.