3 Juni 2015

klasifikasi Jagung

Kerajaan              :Plantae(tanaman)
(tidak termasuk)  Monokotil
(tidak termasuk)  Commelinids
Ordo                    :Poales
Famili                   :Poaceae
Genus                   :Zea
Spesies                 :Zea Mays

Jagung merupakan tanaman yang tumbuh lurus keatas dengan buah yang ada di selah-selah batangnya.pohon jangung berwarna hijau muda agak tua jika masih aktif dan akan berubah warnanya menjadi coklat kekuningan ketika umbuhannya sudah mati.

Ciri ciri dari tanaman jagung sendiri secara rinci pada pohonnya adalah pada ukuran tinggi dari pohon tanaman jagung sekitar 1 sampai 3 meter dengan lebar 10 cm lebih atau kurang tergantung jenis jagungnya,daunnya atau sesuatu yang membungkus batangnya berwarna hijau dengan serat yang agak kasar.



Disetiap step atau garis pada batang jagung disitulah tumbuh buah jagung,pada bagian atas pohonnya memiliki semacam bulir-bulir seperti padi berwarna hijau muda menuju kuning sangat mudah,disitulah biasanya ada serangga yang hinggap dan beterbangan.

Pada jagung sendiri memiliki ciri-ciri dagingnya berwarna kuning dengan bentuk seperti mutiara atau bulir dilapisi dengan kulit atau daun yang berwarna hijau.Pada bagian atas buah jagung terdapat seperti rambut berwarna coklat yang lebat.

Dibeberapa negara dibelahan bumi ini menjadikan jagung sebagai makanan pokok karena jagung memiliki karbohidrat yang besar,sama seperti pada padi dan gandum serta roti,sebagai contoh daerah yang menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya yaitu amerika tengah dan selatan.

Dalam budang akademik jagung sangat disenangi para peneliti karena memiliki unsur genetika yang sangat unik dan memiliki banyak kandungan yang bisa diteliti dan juga sebagai pembanding penelitian lain.

Jagung pada awalnya diperkirakan telah di budidayakan sejak 7000 tahun silam berdasar dari petunjuk-petunjuk arkeolog yang telah ditemukan. Setelah penemuan itu banyak penemuan-penemuan lagi yang ditemukan di berbagai daerah-daerah  tepatnya didaerah gua kawasan meksiko bagian selatan.

Penyebaran jagung keseluruh dunia di dasari pada kedatangan orang-orang eropa keseluruh penjuru dunia dengan membawa jagung tersebut dan memperkenalkannya pada akhir abad ke 15.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah
Kalori : 355 Kalori
Protein : 9,2 gr
Lemak : 3,9 gr
Karbohidrat : 73,7 gr
Kalsium : 10 mg
Fosfor : 256 mg
Besi : 2,4 mg
Vitamin A : 510 SI
Vitamin B1 : 0,38 mg

Air : 12 gr