6 Juni 2015

Klasifikasi Rambutan

Rambutan adalah buah-buahan yang sangat banyak di indonesia ketika musimnya,buah ini merupakan buah daerah tropis,karena pertumbuhan dan perkembangan buah rambutan sangat memungkinkan di daerah ini.
Di indonesia sendiri penamaan rambutan didasarkan dari bentuk dari buah tersebut,memiliki banyak serabut yang kelihatan seperti rambut makanya buah ini dinamakan rambutan.

Pohonnya berwarna hijau ada yang menyebutkannya pohon hijau abadi,tingginya bisa mencapai 8 meter dengan daun yang sangat rimbun tergantung cuaca dan sangat menyenangi cuaca yang hangat.Pada batang pohon ini,menurut pengamatan penulis terdapat bentolan-bentolan putih yang membuat batang pohonnya terlihat bercorak.



Dari awal penanaman sampai akhirnya berbunga dan menumbuhkan buah memilik waktu yang cukup lama,bisa sampai 7 tahun.Tetapi,ada juga yang bisa hanya 2 tahun dengang teknik vegetatif hal ini mempercepat proses dalam perkembangannya.

Pembungaan pada rambutan sangat mengandalkan dari ketersediaan air,kebanyakan buah setiap daerah akan mulai berbunga pada saat daerah itu melewati masa kering,jadi daerah yang musim keringnya kurang akan mungkin dapat memperoleh atau melihat pembungaannya menuju pembuahan lebih sering dari pada kebanyakan daerah yang memiliki masa kering atau kemarau.

Pada Buah rambutan memiliki bentuk bulat,ber serabut yang kayak rambut,berwarna merah pada saat matang dan hijau ketika belum matang,pada bagian dagingnya berwarna putih terdiri dari rasa asam dan manis,didalam daging terdapat biji yang kulit bijinya biasanya menempel pada daging pada saat orang memakannya.

Pada saat proses pemanenan rambutan yang biasa nya disebut musim rambutan,akan sangat menarik untuk dilihat karena buah yang dihasilkan banyak dan berwarna merah,jadi terjadi perpaduan antara merah dan hijau pada batangnya sehingga sangat mirip seperti planetnya avatar yang semuanya rata-rata warna biru tetapi ini warna merah.

Kerajaan              :Plantae(tanaman)
(tidak termasuk)Eudikotil
(tidak termasuk)Rosidae
Ordo                    :Sapindales
Famili                   :Sapindaceae
Genus                   :Nephelium

Spesies                 :Nephelium  lappaceum