7 Juni 2015

Klasifikasi Duku

Duku adalah buah yang banyak di kenal di daerah sumatera selatan,asal mula dari buah ini berasal dari asia tenggara bagian barat dan memiliki kesamaan dengan langsat,kokosan dan lain-lain.Ini menunjukkan walaupun benar-benar sama bentuk dengan langsat tapi buah ini berbeda menandakan bahwa adanya aneka tumbuhan yang sama tapi sebenarnya berbeda.

Bentuk pohonnya bisa dibilang cukup tinggi, bisa mencapai 30 meter,merupakan pohon yang berwarna sedikit hijau dengan bintik-bintik putih sedikit membentuk pola  dan juga salah satu jenis tumbuhan yang pohonnya memiliki cabang,serta batang nya memiliki getah yang berwarna putih.



Daunnya berbentuk oval memanjang dengan ukuran kira-kira 10 sampai 15 centi meter,memiliki lekuk pada daun dan berwarna hijau,daunnya jika diraba nggak terlalu halus.

Bunga dari pohon duku tempat munculnya buah duku ini tumbuh dicabangnya,biasanya 2 sampai 5 rantang bunga,kadangkala juga ranting bunga ini bercabang lagi membentuk ranting bunga.

Dan terakhir pada buahnya,buahnya berbentuk bulat,berwarna kuning pada kulitnya dan berwarna putih bening pada dagingnya serta memiliki biji,tumbuh berkumpul pada satu ranting bunga,rasanya ada yang masam dan ada yang manis serta rasa bijinya itu terasa pahit.

Penyebaran buah duku di Indonesia  mulai dari sekitar Semenanjung Siam di barat hingga Kalimantan di timur, termasuk pula Filipina.

Kerajaan              :Plantae(Tanaman)
Divisi                    :Magnoliophyta
Kelas                    :Magnoliopsida
Ordo                    :Sapindales
Famili                    :Meliaceae
Genus                   :Lansium

Spesies                 :Lansium domesticum