8 Juni 2015

Klasifikasi Durian

Durian adalah pohon yang tumbuh di daerah tropis sekaligus durian juga nama buahnya.pengambilan nama durian bisa dilihat dari katanya yang terdiri duri,duri ini berasal dari bentuk durian yang mebentuk lengkungan-lengkungan kecil mengelilingi buah dan tajam menyerupai duri.banyak yang menyukai durian bahkan dijuluki the king of fruit(Raja buah) tetapi banyak juga yang muak dengan aromanya.

Pohon yang menumbuhkan buah tahunan ini juga dijuluki juga pohon hijau abadi yang berarti pengguguran daunnya tidak bergantung pada musim,tingginya bisa mencapai 50 meter dengan warna batang yang coklat kemerahan ada juga yang warna hijau muda sedikit tua.



Daunnya berbentuk lonjong memanjang,berwarna hijau dengan panjang 10 sampai 20 cm,memiliki rangka daun yang tersusun rapi.

Sama halnya seperti duku,durian juga memiliki bunga untuk menumbuhkan buahnya yang tumbuhnya dibatang pohon,bunga-bunganya berkelompok dan tangkainya lumayan panjang.

Curah hujan yang disukai setidaknya curah hujan sedang, yang tersebar merata sepanjang tahun. Akan tetapi, periode kering 1-2 bulan akan merangsang perbungaan lebih baik. Musim raya buah durian biasa terjadi setelah tahun pada musim kemarau yang panjang.tumbuhnya buah yang tidak diikuti musimnya biasa menghasilkan buah yang biasa-biasa saja.

Kerajaan              :Plantae(Tanaman)
(tidak termasuk)Eudikotil
(tidak termasuk)Rosidae
Ordo                    :Malvales
Famili                   :Malvaceae
Genus                   :Durio

Spesies                 :Durio zibethinus