7 Desember 2014

Klasifikasi Nyamuk

Nyamuk merupakan binatang yang sering dijumpai dan merupakan salah satu binatang yang tidak disukai manusia,tidak usah dijelaskan kenapa tidak disukai manusia yang jelas nyamuk tidak disukai manusia.



Spesies dari nyamuk bisa mencapai 2500 lebih jenisnya mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang,antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.
Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "Mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583.

Nyamuk mengalami empat tahap siklus kehidupannya yaitu dimulai dari telur,larva,pupa dan nyamuk dewasa.dalam proses kehidupan sebelum dewasa atau sebelum menjadi nyamuk adalah suhu yang paling utama karena dengan suhu yang tidak tepat tidak dapat membuat menjadi nyamu dewasa. Hanya nyamuk betina saja yang menyedot darah mangsanya. dan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan makan. Sebab, pada kenyataanya, baik jantan maupun betina makan cairan nektar bunga. sebab nyamuk betina memberi nutrisi pada telurnya. Telur-telur nyamuk membutuhkan protein yang terdapat dalam darah untuk berkembang.


Hal yang menyebabkan kita mengalami gatal pada saat di gigt oleh nyamuk dikarena adanya zat yang ditinggalkan nyamuk pada tubuh kita dan dianggap suatu benda asing oleh tubuh kita sehingga sel-sel darah penjaga akan bereaksi,hal inilah yang menyebabkan gatal.cara menghisap darah nyamuk tidak seperti anggapan kita bahwa kita di tusuk tapi dengan cara nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada dihisap. Dalam prosesnya nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang ia hisap membeku. Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. Setalah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang.

Kerajaan              :Animalia(Hewan)
Filum                   :Arthropoda
Kelas                   :Serangga (Insecta)
Ordo                    :Diptera
Familia                :Culicidae