6 September 2012

Jenis-Jenis Pembenihan

 
  • a.      Agar darah
pembenihan ini digunakan untuk isolasi dan sekaligus mengetahui sifat hemolisis suatu bakteri,sehingga pertumbuhan suatu bakteri pada pembenihan ini dikenal adanya bakteri hemolitik,non hemolitik dan hemolitik parsial.
sebagian bahan dasar dari agar darah ini dapat digunakan blood agar base,brain heart infusion agar,trypticase soy agar,yang ditambahkan 5- 8 % darah domba steril yang bebas fibrin.

  • b.      Mac conkey agar
pembenihan ini bersifat selektif untuk basil gram negative baik enterobacteroceae maupun yang non fermented basil gram negative,sedangkan bakteri lainnya umumnya tidak tumbuh atau tumbuh dengan tidak subur.
bakteri yang memfermentasikan lactose akan memperlihatkan koloni yang berwarna merah,karena adanya indicator netral red,sedangkan yang tidak menfermentasikan lactose koloninya tak berwarna Karena pH medium tidak berubah(tetap basah)
  • c.       Salmonella shigella agar
pembenihan ini mirip dengan Mc.conkey agar,hanya penggunaanya lebih khusus lagi untuk basil gram negative pathogen enteric,sehingga dipakai untuk isolasi dari specimen tinja terutama,salmonella dan shigella yang keduanya memperlihatkan pertumbuhan koloni yang tidak berwarna.
sebagai bahan penghambat utama adalah garam empedu dan brilian green yang tidak hanya menghambat bakteri garam positif saja tetapi menekan pertumbuhan basil pathogen nonenterik lainnya.
  • d.      Endo agar
endo agar mirip pula dengan Mac conkey agar,dan lebih banyak digunakan untuk mengetahui adanya coliform yang menfermentasikan lactose,sehingga koloninya terlihat berwarna merah.pembenihan selektif ini menggunakan natrium sulfit dan basis fuchsin sebagai bahan penghambat terhadap bakteri gram positif

2 Responses to "Jenis-Jenis Pembenihan"

Woww mantap ... Tingkatkan gan ^_^