26 Februari 2014

Trematoda usus kelas Echinostoma

Trematoda usus kelas Echinostoma ini pada manusia diseluruh dunia hanya ditemukan 11 species,cacing ini pertama kali ditemukan oleh garrison pada tahun1907 pada seorang narapidana di filiphina yang diitemukan oleh garrison.

Sumber gbr :4shared.com

Cacing ini memilki hospes utama yaitu anjing,kucing, kelinci,tikus,ikan,burung,manusia,dan lain-lain,dan penyebaran geografiknya dinegara india,cina, filiphina dan juga terdapat pada negara indonesia

Cacing ini sangat muda dibedakan dengan cacing lainnya,ini disebabkan karena cacing ini memilki duri sekitar leher yang berjumlah 37 sampai 50 buah,terletak dalam bentuk dua baris seperti tapal kuda,melingkari bagian kepala dan samping batil isap perut,cacing ini berbentuk lonjong.

Testisnya berbentuk bulat dan berlekuk-lekuk terletak dibagian dalam posterior atau bagian belakang dari cacing,cacing yang sudah dewasa bertempat tinggal di dalam usus halus dan berwarna merah ke abu-abuan.

Telur memilki sesuatu yang disebut mirasidium atau bulu getar yang dimana membantu dalam proses pencarian hospes perantara pertama yatu keong air yang lebih kecil dan ada berbagai jenisnya.di dalam keong air ini terjadi berbagai perubahan, misalnya mirasidium ini mengandung sporokista dan sporokista ini berkembang lagi menjadi redia induk dan redia induk ini menghasilkan yang dinamakan redia anak.

Setelah itu redia anak berkembang lagi menjadi serkaria,diserkaria ini sudah bisa berpindah dan mencari hospes perantara yang kedua yaitu keong yang agak besar dan juga ada berbagai macam jenisnya.